Hubungan Perealisasian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar IPA pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Siswa Kelas IX MTsN 8 Tulungagung

NUR LAILI ANIS KHUMAIROH, 12208173132 (2022) Hubungan Perealisasian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar IPA pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Siswa Kelas IX MTsN 8 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (839kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Perealisasian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar IPA pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Siswa Kelas IX MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laili Anis Khumairoh, NIM 12208173132. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd., NIP 198507092018012001 Kata kunci: reward, punishment, motivasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa semakin terkikisnya perhatian siswa terhadap guru dalam proses pembelajaran. Siswa mudah bosan dengan metode konvensional yang diberikan guru dalam menyampaikan materi. Terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terdapat materi pokok yang dianggap sulit misalnya sistem ekskresi. Adanya rangsangan berupa reward dan punishment dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah motivasi belajar IPA dengan perealisasian metode pembelajaran berupa reward dan punishment.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan atas perealisasian reward dan punishment dengan motivasi belajar IPA pada materi pokok sistem ekskresi siswa kelas IX MTsN 8 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif ex post facto dengan desain penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling dengan mengambil sampel sebesar 40% dari jumlah populasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket (kuesioner) dengan instrumen skala likert, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji linearitas, kemudian uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perealisasian reward dan punishment dengan motivasi belajar IPA pada materi pokok sistem ekskresi siswa kelas IX MTsN 8 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai perhitungan data statistik dengan menggunakan analisis korelasi product moment dengan r hitung sebesar 0,702, di mana hasil tersebut dinyatakan lebih besar dari nilai r tabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai 0,244. Atas dasar konsultasi pada interpretasi korelasi 0,702 berada pada rentang 0,60–0,799 yang menunjukkan bahwa adanya hubungan termasuk kuat dan berarah positif, sehingga semakin efektif reward dan punishment direalisasikan maka semakin tinggi motivasi belajar IPA. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan atau H1 pada penelitian ini diterima dan menolak H0.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Reward dan Punishment
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173132 Nur Laili Anis Khumairoh
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:45
Last Modified: 12 Apr 2022 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25547

Actions (login required)

View Item View Item