ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA KONSEP GERAK DI SMP NEGERI 1 PACE NGANJUK

ROFI' ZUMAROTIN, 12211173034 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA KONSEP GERAK DI SMP NEGERI 1 PACE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Self Confidence Pada Konsep Gerak di SMP Negeri 1 Pace Nganjuk” ini ditulis oleh Rofi’ Zumarotin, NIM. 12211173034, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Self Confidence, Konsep Gerak. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA. Salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran IPA adalah mampu memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah. Self confidence merupakan salah satu faktor yang memengaruhi siswa dalam memecahkan masalah, dikarenakan keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPA dipengaruhi oleh tingkat self confidence siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari self confidence pada konsep gerak di SMP Negeri 1 Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pace Nganjuk pada semesetr ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini dipilih secara random sampling yaitu siswa kelas VIII I yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket, tes, dan wawancara. Dari hasil angket dan tes, siswa dikelompokkan menjadi tiga kategori self confidence (tinggi, sedang, rendah) kemudian dipilih 1 siswa pada masing-masing kategori sebagai subjek wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII ditinjau dari self confidence di SMP Negeri 1 Pace Nganjuk terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan teori Polya, pada kelompok tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 sebanyak 3 siswa (7%). Pada kelompok sedang, hanya mampu memenuhi indikator 1 dan 2 sebanyak 23 siswa (82%). Sedangkan pada kelompok rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, maupun 4 sebanyak 2 siswa (11%). Dari analisis ketiga kelompok tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII ditinjau dari self confidence pada konsep gerak di SMP Negeri 1 Pace Nganjuk tergolong masih kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173034 Rofi' Zumarotin
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:00
Last Modified: 18 Apr 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25556

Actions (login required)

View Item View Item