ANTIN CHOLIFATUL KHASANAH, 12212173030 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN SCIENTIFIC APPROACH SECARA DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI-MIA SMAN 1 PAPAR KEDIRI PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (575kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (943kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (928kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Antin Cholifatul Khasanah, NIM: 12212173030, Tahun 2022, “Pengaruh Model Discovery Learning dengan Scientific Approach secara Daring terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siwa Kelas XI-MIA SMAN 1 Papar Kediri pada Materi Senyawa Hidrokarbon”,iSkripsi, Jurusan: Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dra.Hj.Umy Zahroh,M.Kes.,Ph.D Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Discovery Learning, Scientific Approach, Berpikir Kritis. Pembelajarani kimia terutama pada materi Senyawa Hidrokarbon sering dianggap sulit oleh siswankarena berisikan konsep yang bersifat abstrak dan sulit untuk dinalar, hal ini berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa. Salah satu pembelajaran yang tepat dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa yaitu dengan menerapkan model Discovery Learning dengan pendekatan Scientific Approach.iModel Discovery Learning diterapkan agar siswa mampu belajar secara mandiri dalam menemukan konsep sendiri dengan tahapannpendekatan Scientific Approach. Tujuan dalam Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran daring menggunakannmodel Discovery Learning dengan Scientific Approach terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daringnmenggunakan model Discovery Learning dengan Scientific Approach terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitiannini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berpikir kritis, observasi danndokumentasi. Subjek penelitian yang dijadikan sampel adalah siswa kelas XI-MIA 1 dan XI-MIA 2. Sampel penelitian dibedakan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimenndan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdapat 36 siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakannuji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase jumlah siswa yang mampu berpikir kritis pada mata pelajaran kimia khususnya materi senyawa hidrokarbon pada kelas eksperimen dan kontrol mencapai lebihndari 50%. Reliabilitas instumen soal sebesar 0,855 dengan kategori sangatntinggi. Pada uji keterampilan berpikir kritis sebanyak 20 butir soal valid yang memiliki rentang tingkat kesukaran antara 0,61 -0,91 dan daya beda antara 0,394- 0,732. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan scientific approach dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa SMA Kelas XI-MIA di SMAN 1 Papar Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Daring Kimia Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212173030 ANTIN CHOLIFATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 07:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25588 |
Actions (login required)
View Item |