PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI SMA NEGERI CAMPURDARAT

ROHIMATUL KARIMAH, 1724143214 (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI SMA NEGERI CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI SMAN 1 Campurdarat” ditulis oleh Rohimatul Karimah, NIM. 1724143214 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Rendahnya hasil belajar siswa matematika siswa dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa takut dan malu untuk bertanya, dan guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan model pembelajaran yang lebig mengutamakan kegiatan diskusi kelompok supaya hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran matematika. Seperti model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di kelas XI SMA negeri Campurdarat, (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI SMA Negeri Campurdarat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Design dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) di kelas XI SMA negeri Campurdarat. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Analisis yang digunakan adalah uji-t atau uji beda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas NHT memiliki rata-rata (mean) sebesar 89,20 dengan jumlah responden 30 siswa sedangkan, pada kelas TPS memiliki rata-rata (mean) sebesar 80,70 dengan jumlah responden 30 siswa. Dengan nilai thitung > ttabel atau 4,348 > 1,672 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) di kelas XI SMA negeri Campurdarat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143214 ROHIMATUL KARIMAH
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:26
Last Modified: 18 Apr 2022 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item View Item