IRMA YULIANA, 12204173189 (2022) PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI SPLTV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK KELAS X DI MA AL HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (491kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (640kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (632kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (738kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi SPLTV Ditinjau dari Kemampuan Akademik Kelas X di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Irma Yuliana, NIM 12204173189, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: penalaran adaptif, kemampuan akademik, SPLTV Fenomena belum banyak siswa yang menerapkan kemampuan penalaran dengan baik, khususnya dalam penalaran adaptif. Selain itu, mereka merasa kesulitan dan bingung untuk memecahkan suatu permasalahan matematika, hal ini dapat menimbulkan masalah dalam pembelajaran. Di era reformasi ini siswa harus mempunyai penalaran adaptif dalam pembelajaran matematika, jika tidak akan ketinggalan dalam kemampuan berpikirnya. Oleh sebab itu, penalaran adaptif diangkat dalam penelitian ini. Penalaran adaptif adalah kemampuan untuk berpikir secara logis mengenai hubungan antara konsep dan langkah langkah dalam menyelesaikan permasalahan yang kemudian dapat menarik suatu kesimpulan. Karena setiap siswa mempunyai kemampuan penalaran yang berbeda-beda, maka penelitian ini ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Yang dikelompokkan menjadi siswa berkemampuan akademik tinggi, siswa berkemampuan akademik sedang, dan siswa berkemampuan akademik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan kemampuan akademik tinggi dalam memecahkan masalah SPLTV kelas X di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. 2) Mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan kemampuan akademik sedang dalam memecahkan masalah SPLTV kelas X di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. 3) Mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan kemampuan akademik rendah dalam memecahkan masalah SPLTV kelas X di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X-A MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar berdasarkan kemampuan akademik. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan penelitian dilakukan dengan cara ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kemampuan akademik tinggi mampu memenuhi semua indikator penalaran adaptif, yaitu mampu menyusun dugaan (conjecture), mampu merencanakan dan menyelesaikan masalah matematika, mampu memberikan penjelasan terkait prosedur yang digunakan, mampu memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan, dan mampu menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan. (2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang mampu memenuhi indikator penalaran adaptif, yaitu mampu menyusun dugaan (conjecture), mampu merencanakan dan menyelesaikan masalah matematika, mampu memberikan penjelasan terkait prosedur yang digunakan. (3) Siswa kemampuan akademik rendah hanya mampu menyusun dugaan (conjecture).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173189 IRMA YULIANA |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:20 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25701 |
Actions (login required)
View Item |