MOH. MAKMUN SOLIKHI, 12204173074 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE HANDS ON-MINDS ON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (921kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (574kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Knisley dengan Metode Hands On-Minds On terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTs Darul Falah Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Makmun Solikhi, NIM. 12204173074, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Keyword : Pembelajaran Knisley, Hands On-Minds On, Pemahaman Konsep Matematika. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam mempelajari matematika adalah kemampuan pemahaman konsep. Pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, pemahamahan konsep merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep dalam matematika menjadi sangat penting bagi siswa karena materi pada matematika tersusun secara hierarkis, sehingga materi satu dan materi lain saling berkaitan. Untuk menanamkan pemahaman konsep pada siswa, maka digunakan model pembelajaran kontruktivisme yaitu pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. (2) untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa di kelas VIII-C dan VIII-D MTs Darul Falah Tulungagung. Subjek penelitian terdiri atas 31 siswa pada kelas kontrol dan 31 siswa pada kelas eksperimen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument test uraian sebanyak 6 soal. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. (2) besar pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung sebesar 69,1% termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173074 Moh. Makmun Solikhi |
Date Deposited: | 24 May 2022 05:03 |
Last Modified: | 24 May 2022 05:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25780 |
Actions (login required)
View Item |