PENGARUH PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE HANDS ON-MINDS ON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG

MOH. MAKMUN SOLIKHI, 12204173074 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE HANDS ON-MINDS ON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Knisley dengan Metode Hands On-Minds On terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTs Darul Falah Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Makmun Solikhi, NIM. 12204173074, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Keyword : Pembelajaran Knisley, Hands On-Minds On, Pemahaman Konsep Matematika. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam mempelajari matematika adalah kemampuan pemahaman konsep. Pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, pemahamahan konsep merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep dalam matematika menjadi sangat penting bagi siswa karena materi pada matematika tersusun secara hierarkis, sehingga materi satu dan materi lain saling berkaitan. Untuk menanamkan pemahaman konsep pada siswa, maka digunakan model pembelajaran kontruktivisme yaitu pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. (2) untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa di kelas VIII-C dan VIII-D MTs Darul Falah Tulungagung. Subjek penelitian terdiri atas 31 siswa pada kelas kontrol dan 31 siswa pada kelas eksperimen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument test uraian sebanyak 6 soal. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung. (2) besar pengaruh pembelajaran knisley dengan metode hands on-minds on terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII dalam materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Darul Falah Tulungagung sebesar 69,1% termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173074 Moh. Makmun Solikhi
Date Deposited: 24 May 2022 05:03
Last Modified: 24 May 2022 05:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25780

Actions (login required)

View Item View Item