NOVIA WINDHIATI, 12402183247 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN MAS KOKI DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI DESA WAJAK LOR, KECAMATAN BOYOLANGU, KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (644kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (975kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Budidaya Ikan Mas Koki dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi di Desa Wajak Lor, Boyolangu, Tulungagung.” ini ditulis oleh Novia Windhiati, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 12402183247, Pembimbing Bapak Syamsul Umam, S.H.I., M.H.,. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang utamanya diakibatkan oleh covid-19 yang telah sedikit banyak sudah membuat para wirausaha bangkrut dan gulung tikar, salah satunya pada usaha budidaya ikan mas koki Rojo Koyo Fish ini. Sehingga peneliti ingin meneliti lebih dalam lagi bagaimana strategi pengembangan budidaya ikan mas koki dalam rangka meningkatkan pembangunan ekonomi di Desa Wajak Lor, Boyolangu, Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana strategi peningkatan permodalan sebuah usaha dalam pembangunan ekonomi desa melalui pengembangan budidaya ikan mas koki?, (2) Bagaimana strategi peningkatan pemasaran sebuah usaha dalam pembangunan ekonomi desa melalui pengembangan budidaya ikan mas koki?, (3) Bagaimana strategi peningkatan keuntungan sebuah usaha dalam pembangunan ekonomi desa melalui pengembangan budidaya ikan mas koki?, dan (4) Bagaimana strategi pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi desa? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian studi kasus yang dilakukan secara langsung. Data yang digunakan di dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reedukasi data yang diperoleh, display atau penyajian data, melakukan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu : Strategi peningkatan modal yang dikeluarkan untuk mengembangkan suatu usaha yaitu : dari uang pribadi, dari provit atau laba yang berlebih, dan dari dana bantuan usaha pemerintah UMKM desa. Strategi memperluas aspek pemasaran pada suatu usaha yaitu: dengan menjalin dan menjaga hubungan baik dengan para relasi dan konsumen, dengan memperluas jangkauan penawaran produk, dengan menjaga nama baik dengan menjaga kualitas produk, dan memperbesar usaha dengan memperluas cabang. Strategi menaikkan laba atau keuntungan yang maksimal yaitu : dengan meningkatkan kualitas produk, dengan menambah variasi produk baru, terapkan sikap rajin, bertanggungjawab dan selalu berdoa, dan meningkatkan kepuasan konsumen. Serta strategi pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi desa yaitu ikut serta dan terjun langsung dalam kegiatan budidaya ikan mas koki. Mengadakan sosialisasi dan pelatihan, juga melakukan pemberdayaan bagi wirausaha budidaya ikan mas koki. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, Pembangunan Ekonomi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pasar Modal Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402183247 Novia Windhiati |
Date Deposited: | 30 May 2022 08:06 |
Last Modified: | 30 May 2022 08:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25828 |
Actions (login required)
View Item |