PENGARUH RELIGIUS, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018 dan 2019)

PUTRI DWI LESTARININGSIH, 12401183029 (2022) PENGARUH RELIGIUS, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018 dan 2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Religius, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018 dan 2019)” ini ditulis oleh Putri Dwi Lestariningsih, NIM. 12401183029, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Mega Tunjung Hapsari, M.AP. Penelitian ini di latarbelakangi oleh bagaimana Perbankan Syariah dapat menarik nasabah khususnya Mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Isam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung supaya tertarik menggunakan jasa perbankan syariah. Karena tingkat persaingan antar lembaga keuangan syariah dan non syariah yang sangat tinggi, maka strategi perbankan syariah yang harus digunakan adalah dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji apakah ada pengaruh secara positif signifikan religius, motivasi, pengetahuan, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap minat mahasiswa menabung di Perbankan Syariah. (2) Menguji apakah ada pengaruh secara positif signifikan religius terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah (3) Menguji apakah ada pengaruh secara positif signifikan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah (4) Menguji apakah ada pengaruh secara positif signifikan pengetahuan terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 353 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Pengolahan data yang digunakan yaitu SPSS 25. Pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji regresi linier berganda (uji multikolinieritas, regresi berganda, kebaikan model, uji f, uji t), uji asumsi klasik (uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji normalitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Religius, Motivasi, dan Pengetahuan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah. (2) Religius berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah (3) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Perbankan Syariah. Kata Kunci: Minat Menabung, Motivasi, Pengetahuan, Perbankan Syariah dan Religius

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mahasiswa
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Tabungan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183029 PUTRI DWI LESTARININGSIH
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:03
Last Modified: 08 Jun 2022 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item View Item