MARISA KUSUMA TRISNANINGRUM, 12210173098 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT RECORDING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (9MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (9MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Power Point Recording terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman” ini ditulis oleh Marisa Kusuma Trisnaningrum, NIM. 12210173098. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulunngagung, yang dibimbing oleh Ibu Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: efektivitas media power point recording, kemampuan menulis, teks narasi, kurikulum berbasis teks. Media power point recording adalah media pembelajaran yang memadukan Microsoft power point dengan sistem recording. Media ini merupakan pengembangan dari media power point. Media pembelajaran ini diberikan kepada peserta didik untuk mendorong keaktifan dan keberhasilan peserta didik dalam memahami materi. Proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kauman dalam pembelajaran teks narasi di masa pandemi Covid-19 belum optimal. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran daring dalam implementasi kurikulum berbasis teks tidak terlaksana secara maksimal. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti memilih untuk menggunakan media power point recording terhadap kemampuan menulis teks narasi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah efektivitas penggunaan media power point recording kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan media power point recording kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman. Masalah terfokus kepada keefektifan media power point recording terhadap kemampuan menulis teks narasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen dengan desain posttest only control. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan dokumentasi dan tes. Dokumentasi diperoleh dari hasil belajar siswa dan tes yang digunakan dalam penelitian berupa tes pilihan ganda dan tes menceritakan kembali teks narasi yang telah disiapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kauman. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman berjumlah 337 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling sehingga menemukan 66 siswa yang akan dibagi menjadi dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa terdapat keefektifan media power point recording terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa. Hal tersebut didasari oleh perhitungan uji hipotesis independent t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari uji hipotesis tersebut t hitung <t tabel yakni 0,000<0,005. Sesuai dengan kriteria t hitung <t tabel maka H a diterima dan H 0 ditolak. Ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran yang dilakukan pada kelas kontrol dan eksperimen. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata siswa yang menunjukkan 77,61 pada kelas kontrol dan 80,23 pada kelas eksperimen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra > Narasi Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210173098 MARISA KUSUMA TRISNANINGRUM |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 05:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 05:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26069 |
Actions (login required)
View Item |