PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TULUNGAGUNG

PRISMA SEGA REVANGGA, 12201173253 (2022) PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Prisma Sega Revangga, NIM 12201173253. Pengaruh Metode Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Liatul Rohmah, M.Pd.I. Kata Kunci : Cooperatif Learning, Team Games Turnament, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Guru yang selama ini menggunakan model pembelajaran yang monoton dengan sejenis saja yaitu pembelajaran konvensional yang membuat peserta didik bosan dan jenuh belajar. Kebosanan dan kemalasan peserta didik inilah yang akhirnya dapat membuat motivasi dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi guna menciptakan iklim pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik, salah satunya adalah embelajaran kooperatif (cooperative learning) model TGT (Time Games Tournament). Tujuannya adalah agar tercapai keberhasilan belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh metode cooperative learning tipe TGT dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh metode cooperative learning tipe TGT dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar aspek afektif peserta didik kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh metode cooperative learning tipe TGT dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar aspek psikomotorik peserta didik kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran Aqidah akhlak dalam aspek kognitif Kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran Aqidah akhlak dalam aspek afektif Kelas VII di MTs AlHuda Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran Aqidah akhlak dalam aspek psikomotorik kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung yang berjumlah 108 peserta didik dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung, yaitu kelas VII-B dan VII-E yang berjumlah 38 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah Normalitas, Homogenitas, Hipotesis menggunakan uji t atau t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh dan perbedaan signifikan metode cooperative learning tipe (TGT) dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, hal tersebut dibuktikan dari perolehan nilai t hitung 13,303, sedangkan nilai t tabel 3.332 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai t hitung = 13,303 > nilai t tabel = 3.332 dan sig. (2tailed) = 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dan perbedaan signifikan metode cooperative learning tipe (TGT) dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek afektif, hal tersebut dibuktikan dari perolehan nilai t hitung 9,117, sedangkan nilai t tabel 3.332 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai t hitung = 9,117 > nilai t tabel = 3.332 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh dan perbedaan signifikan metode cooperative learning tipe (TGT) dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek psikomotorik, hal tersebut dibuktikan dari perolehan nilai t hitung 10,840, sedangkan nilai t tabel 3.332 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai t hitung = 10,840 > nilai t tabel = 3.332 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173253 Prisma Sega Revangga
Date Deposited: 16 Jun 2022 13:08
Last Modified: 16 Jun 2022 13:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item View Item