MELISA DWI SAFITRI, 12211183006 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING MADRASAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (529kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (542kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Melisa Dwi Safitri, NIM. 12211183006. Analisis Penggunaan Media ELearning Madrasah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran IPA di MTsN 6 Blitar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Pembelajaran IPA Pendidikan pada saat ini merupakan salah satu kebutuhan vital yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Perkembangan teknologi yang sangat maju dalam segala aspek kini juga turut dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pandemi covid-19 juga berdampak pada dunia pendidikan dimana harus dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh. Tujuan analisis ini guna memperdalam manfaat media e-learning dimana media ini ditengah kemajuan teknologi yang ada merupakan salah satu media utama yang digalakkan penggunaannya pada saat pembelajaran jarak jauh terutama dalam pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk menggali fakta�fakta yang ada dilapangan, dimana peneliti mengamati secara langsung. Subjek penelitian ini merupakan guru IPA dan siswa kelas VIII MTsN 6 BLITAR. Intrumen penelitian ini berupa angket dan wawancara. Angket dibagikan hanya kepada siswa dan wawancara dilakukan kepada guru dan siwa. Intrumen ini berguna untuk menggali informasi mengenai kelebihan, kekurangan, dan situasi yang dialami guru dan siswa pada saat penggunaan media tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan sulitnya mengkoordinasi siswa dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. (2) Guru harus memberikan kelonggaran waktu lebih guna memaklumi situasi dan keadaan siswa yang terkendala jaringan. Dengan kondisi jaringan setiap wilayah yang tidak merata, serta keterbatasan ekonomi untuk pembelian kuota internet guru memaklumi keadaan tersebut. (3) Siswa merasa kesulitan dalam penggunaan fitur-fitur dalam e-learning dan juga mengeluhkan media yang sering error dan overload. Mengingat usia siswa yang masih remaja, selain itu penggunaan media yang bersamaan membuat aplikasi tersebut sering mengalami masalah. (4) Media ini telah dilengkapi dengan rekapitulasi nilai hasil kerja siswa sehingga memudahkan guru dengan fitur didalamnya yang cukup lengkap. (5) Penggunaan media tambahan yang menjadi media pelengkap yaitu whatsApp yang lebih membantu dalam sarana komunikasi antara guru dan siswa. Fitur komunikasi dalam media ini cukup terbatas dalam bentuk teks saja. (6) Siswa kesulitan fokus saat pembelajaran dikarenakan pelaksanaannya yang menggunakan handphone. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring membuat siswa harus menggunakan alat elektronik membuat siswa tidak hanya fokus dalam materi, namun hal lain seperti media komunikasi, game, dan lain sebagainya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183006 MELISA DWI SAFITRI |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 06:35 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26117 |
Actions (login required)
View Item |