FINA DWI SASTAFIANA, 12205183311 (2022) EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS I DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (652kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (392kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (869kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (530kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (259kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas I Di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh FINA DWI SASTAFIANA, NIM 12205183311, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci :Efektivitas E-learning, media pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan pada proses pembelajaran yang mulai diterapkan oleh pemerintah setelah pandemi covid-19 terjadi. Adapun perubahan proses pembelajaran yang dimaksud ialah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring dengan menggunakan media e-learning. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana perencanaan E-learning sebagai media pembelajaran daring untuk siswa kelas 1 di MI Bendiljati Wetan? 2) Bagaimana penerapan E-learning sebagai media pembelajaran daring untuk siswa kelas 1 di MI Bendiljati Wetan? 3) Bagaimana evaluasi dan solusi dari penerapan E learning sebagai media pembelajaran daring untuk siswa kelas 1 di MI Bendiljati Wetan?. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perencanaan, penerapan, evaluasi dan solusi penerapan E-learning sebagai media pembelajaran daring untuk siswa kelas 1 di MI Bendiljati Wetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi : 1) person (orang) yaitu, kepala madrasah, waka kurikulum, guru kelas I. 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi foto dan dokumen sekolah. 3) place (tempat), yaitu di MI Bendiljati Wetan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama perencanaan e-learning sebagai media pembelajaran yaitu membuat sistem, menggali dan mempelajari e-learning, mengadakan sosialisasi dan pelatihan, mempersiapkan RPP, bahan ajar, metode pembelajaran. Kedua penerapan e-learning sebagai media pembelajaran yaitu dapat diakses dengan membuka e-learning madrasah, penyampaian materi dengan cara video streaming di e-learning dan timeline bahan ajar, untuk memantau keaktifan siswa menggunakan rekam jejak siswa, Ketiga evaluasi dan solusi penerapan e-learning yaitu : Pendidik belum menguasai dengan adanya bimbingan dan pembiasaan akhirnya bisa mengoperasikan, dan evaluasipembelajaran yang dilakukan pendidik dengan melihat pemahaman siswa, keaktifan siswa, hasil nilai tugas dan nilai ujian siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Daring Pendidikan > E-Learning Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183311 FINA DWI SASTAFIANA |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 01:12 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26141 |
Actions (login required)
View Item |