PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MAN 4 KEDIRI

KHOMASADA, 12201183003 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbasis Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 4 Kediri” ini ditulis oleh Khomasada, NIM. 12201183003, pembimbing Hasanal Khuluqi, M.Ag Kata Kunci: Student Team Achievement Divisions, Strip Story, Hasil Belajar, Al-Quran Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori yang diungkapkan oleh Robert Salvin yang mengungkapkan bahwa model pembelajaran student team achievement divisions dapat menstimulasi siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan guru, dengan mengkombinasikan media strip story untuk memaksimalkan. Model dan media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang harus dikembangkan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran, agar dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu penulis bermaksud menguji teori tersebut melalui penelitian yang dilakukan di sekolah MAN 4 Kediri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran student team achievement divisions berbasis media strip story terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 4 Kediri? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran student team achievement divisions berbasis media strip story terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 4 Kediri?. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu digunakan untuk mengukur perbandingan dampak dari penerapan perlakuan variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 4 Kediri yang berjumlah 342, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievement divisions berbasis media strip story terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 4 Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 2,428 > ttabel = 1,701 dan taraf signifikansi sebesar 0,022 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievement divisions berbasis media strip story terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 4 Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 2,868 > ttabel = 1,701 dan taraf signifikansi sebesar 0,008 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khomasada 12201183003 KHOMASADA
Date Deposited: 17 Jun 2022 15:03
Last Modified: 17 Jun 2022 15:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item