ENAS SUTIHAT, 12401183185 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (395kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (560kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (874kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Menjadi Nasabah Bank Syariah” ini ditulis oleh Enas Sutihat, NIM. 12401183185, pembimbing Wahyu Dwi Warsitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan perbankan syariah dalam menarik berbagai macam elemen masyarakat termasuk mahasiswa. Dalam meningkatkan pangsa pasar, bank syariah dituntut memiliki daya saing sehingga dapat menarik minat mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. Dalam hal ini dapat diketahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen. Salah satunya adalah dengan memfokuskan pemasaran yang efektif melalui inovasi beragamnya produk, promosi yang menarik, lokasi yang strategis, dan reputasi bank yang baik. Selain itu, sikap religiusitas yang timbul dalam diri mahasiswa itu sendiri juga dapat mempengaruhi minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan keragaman produk, promosi, reputasi, religiusitas dan lokasi, dengan tujuan untuk menguji bahwa keragaman produk, promosi, reputasi, religiuitas dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa Perbankan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menjadi nasabah Bank Syariah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden yaitu mahasiswa Perbankan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tahap selanjutnya, data kuisioner dianalisis dengan regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebegai berikut: Y = 1,071 + 0,434X1 + 0,410X2 - 0,186X3 + 0,514X4 + 0,449X5 Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 26 menunjukkan bahwa: 1) Keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah. 2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah. 3) Reputasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah. 4) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah. 5) Lokasi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah. 6) Keragaman produk, promosi, reputasi, religiusitas, dan lokasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah. Nilai Adjust R Square pada model ini adalah 0,719, hal ini berarti 71,9% variabel minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah bisa dijelaskan variabel keragaman produk, promosi, reputasi, religiusitas, dan lokasi. Sedangkan 28,1% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain atau variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Keragaman produk, promosi, reputasi, religiusitas, lokasi dan minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401183185 ENAS SUTIHAT |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 13:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 13:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26188 |
Actions (login required)
View Item |