RIMA DWI NOVITASARI, 12205183014 (2022) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Peran Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” di tulis oleh Rima Dwi Novitasari, NIM. 12205183014, pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar, Regresi Linier berganda Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peran orang tua yang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar anak. Selain itu lingkungan sekolah juga memberikan pengaruh terhadap keberhasilan belajar seorang anak. Dengan kurangnya keterlibatan orang tua dalam belajar anak akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar anak dan kurang optimalnya belajar anak. Fasilitas yang kurang memadai dan mendukung baik disekolah atau dirumah akan berakibat pada hasil belajar yang menurun, disebabkan Karena materi tidak tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh peran orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, Untuk dapat mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneltiian survei yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh sebuah data atau fakta dilapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner yang di berikan kepada siswa yang berguna untuk mengetahui variabel peran orang tua dan lingkungan sekolah. Instrument lain yang digunanakan adalah dokumentasi yang digunakan untuk mengetahu hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Dengan diperoleh nilai t hitung 2,183 > t tabel 2,002 dan dengan nilai Sig. sebesar 0,033 < 0,05 (2) ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Dengan diperoleh nilai thitung 2,285 > ttabel 2,002 dan nilai Sig. sebesar 0,026 < 0,05 (3) ada pengaruh peran orang tua dan lingkungan sekolahterhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, Dengan diperoleh nilai Fhitung 12,951 > Ftabel 3,16 dan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183014 Rima Dwi Novitasari |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:50 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26191 |
Actions (login required)
View Item |