MIRZA IMMAMA PUTRI ZUANI, 12205183214 (2022) PENERAPAN METODE MIND MAPPI NGUNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 3 SDI AR RAHMAN NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (394kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (286kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (596kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 3 SDI Ar Rahman Nganjuk” ini ditulis oleh Mirza Immama Putri Zuani NIM 12205183214, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Kreativitas, Hasil belajar Metode pembelajaran adalah cara kerja sistematis yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran berupa penerapan Langkah-langkah konkret agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan dapat mencapai tujuan tertentu seperti perubahan positif terhadap peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA kelas 3 di SDI Ar Rahman Nganjuk. (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA kelas 3 di SDI Ar Rahman Nganjuk. (3) Bagaimana peningkatan kreativitas siswa kelas 3 setelah menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA di SDI Ar Rahman Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu data primer (Kepala madrasah dan guru kelas 3) serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, dan triangulasi metode, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, dalam perencanaan metode mind mapping para guru melakukan rapat untuk menyiapkan perangkat pembelajaran kalender Pendidikan, RPP, program semester, pemetaan KD Indikator, jaring tema, sub tema, KD, dan Indikator. Kedua, pelaksanaan metode mind mapping terdapat beberapa kegiatan meliputi (1) Kegiatan pendahuluan (2) Kegiatan inti (3) Kegiatan evaluasi. Ketiga, dampak dalam penerapan metode mind mapping siswa mengalami peningkatan pada aspek kreativitas, karena metode ini membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183214 MIRZA IMMAMA PUTRI ZUANI |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:53 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26226 |
Actions (login required)
View Item |