PENGUTAMAAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PENULISAN TEKS AUTENTIK DI KECAMATAN SRENGAT SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

MILA INKA DEWI, 12210173041 (2022) PENGUTAMAAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PENULISAN TEKS AUTENTIK DI KECAMATAN SRENGAT SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengutamaan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Penulisan Teks Autentik di Ruang Publik Kecamatan Srengat sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia” ditulis oleh Mila Inka Dewi, NIM. 12210173041. Skripsi ini disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Teks Autentik, Ruang Publik, Bahan Ajar Penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik saat ini mendapatkan tantangan yang cukup besar dengan menjamurnya penggunaan bahasa asing. Pilihan penggunaan bahasa asing serta abai terhadap kaidah kebahasaan yang benar menjadi hal yang lumrah. Saat ini Badan Bahasa mulai melakukan pengawasan terhadap penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik yang berpedoman pada Undang-ndang Nomor 24 Tahun 2009. Kondisi ruang publik Kecamatan Srengat khususnya Pasar Srengat diwarnai dengan penggunaan kosa kata bahasa Inggris, terutama pada penulisan papan iklan. Selain itu terdapat beberapa penulisan yang melanggar kaidah kebahasaan. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah; 1) bagaimana penggunaan bahasa Indonesia pada penulisan teks autentik di ruang publik Kecamatan Srengat?, 2) bagaimana struktur dan kebahasaan pada penulisan teks autentik sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia?, dan 3) bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan bahan ajar teks iklan di ruang publik Kecamatan Srengat?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode analisis data berdasarkan pada pendapat Miles dan Huberman (1992) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian yaitu; 1) mendeskripsikan pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia pada penulisan teks autentik di ruang publik Kecamatan Srengat, 2) mendeskripsikan struktur dan kebahasaan teks iklan di ruang publik Kecamatan Srengat, 3) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan bahan ajar teks iklan di ruang publik Kecamatan Srengat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan teks autentik di ruang publik Kecamatan Srengat khususnya di sekitar Pasar Srengat kurang mematuhi Undang-undang Rebuplik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Adanya pelanggaran kebahasaan yang ditemukan dalam teks iklan yaitu pada ejaan yang mencakup penggunaan huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca serta penggunaan bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis struktur tidak semua iklan memiliki struktur yang lengkap. Struktur teks iklan pada dasarnya terdiri dari tiga bagian yaitu orientasi, dan justifikasi. Hasil analisis kaidah kebahasaan menunjukkan bahwa dalam teks iklan memuat kalimat persuasif, imperatif, fakta dan opini. Sedangkan Implikasi penggunaan teks iklan sebagai bahan dan media pembelajaran bahasa Indonesia cukup membantu siswa untuk memberikan pemahaman tentang materi pola penyajian dan kaidah kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. Guru juga terbantu dalam menyediakan bahan pembelajaran teks iklan, karena dari pihak sekolah hanya menyediakan Lembar Kerja Siswa untuk belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173041 Mila Inka Dewi
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:54
Last Modified: 21 Jun 2022 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item