ANALISIS STRUKTURAL PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 10 BLITAR PADA PEMBELAJARAN DARING

DHIAH ZULIANA, 12210173038 (2022) ANALISIS STRUKTURAL PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 10 BLITAR PADA PEMBELAJARAN DARING. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zuliana, Dhiah. NIM. 12210173038. 2021. Analisis Struktural Puisi Siswa Kelas VIII MTsN 10 Blitar pada Pembelajaran Daring. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Puisi Siswa, Pendekatan Struktural, Pembelajaran Daring. Puisi berkualitas adalah puisi yang memenuhi kriteria penulisan puisi. Salah satu kriteria tersebut adanya struktur fisik pada setiap puisi. Dengan demikian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan kriteria penulisan puisi perlu adanya analisis struktural untuk mengetahui kualitas puisi siswa. Analisis struktural adalah penyelidikan untuk mengetahui secara teliti unsur apa saja yang ada dalam karya sastra. Hal tersebut sesuai untuk mengungkapkan kualitas puisi siswa. Fokus penelitian ini yaitu analisis struktural puisi siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar pada pembelajaran daring. Dari fokus penelitian dijabarkan ke dalam pertanyaan penelitian yaitu bagaimana hasil analisis struktur fisik puisi siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar pada pembelajaran daring? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan hasil analisis struktur fisik puisi siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur fisik puisi karya siswa MTsN 10 Blitar sangat beragam. Tipografi yang digunakan dapat dibagi menjadi lima jenis berdasarkan jumlah baris dalam satu bait dan penulisan kalimatnya yaitu tipografi empat baris dalam satu bait dengan rata kiri, tipografi empat baris dalam satu bait dengan bait genap menjorok ke kanan, tipografi satu bait dalam puisi dengan rata kiri, tipografi rata tengah, dan tipografi lima dan empat baris dalam satu bait. Sedangkan diksi yang digunakan oleh siswa berupa diksi bersifat denotasi dan konotasi. Imaji yang digunakan berupa imaji visual dan imaji kinestetik. Majas yang nampak pada puisi siswa yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Hal tersebut sudah sesuai dengan karya para penyair yang telah ada walaupun masih belum semua imaji dan majas muncul pada puisi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173038 DHIAH ZULIANA
Date Deposited: 17 Jun 2022 15:19
Last Modified: 17 Jun 2022 15:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26291

Actions (login required)

View Item View Item