USWATUN KHASANAH, 12210183016 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERTEMA PANDEMI COVID-19 UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Skripsi berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Teks Laporan Hasil Observasi Bertema Pandemi Covid-19 untuk Siswa Kelas X SMA/MA” ditulis oleh Uswatun Khasanah, NIM. 12210183016. Skripsi ini disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan di Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: bahan ajar, laporan hasil observasi, pandemi Covid-19. Bahan ajar yang memuat materi teks laporan hasil observasi secara spesifik sangat dibutuhkan siswa kelas X SMA/MA. Bahan ajar yang baik didesain dengan tema yang khas, kontekstual, dan mutakhir. Pandemi Covid-19 merupakan salah satu konteks yang menjadi pokok bahasan mutakhir dan akrab di telinga siswa. Integrasi pandemi Covid-19 sebagai tema bahan ajar teks laporan hasil observasi penting dilakukan agar siswa dapat belajar secara kontekstual, yakni sesuai dengan isu dan kebutuhan informasi terkini. Akan tetapi, bahan ajar yang memperhatikan aspek pemilihan tema maupun aspek kemutakhiran substansi tergolong langka. Dengan demikian, perlu adanya inovasi terhadap bahan ajar sebelumnya menjadi bahan ajar bertema spesifik, yakni bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi Covid-19. Untuk mewujudkan hal tersebut, penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi Covid-19 untuk siswa kelas X SMA/MA yang menarik, selaras dengan tema, menyajikan teks mutakhir bertema Covid-19 secara konsisten, mudah dipelajari, dan layak diterapkan dalam kegiatan belajar mandiri maupun terbimbing, dan (2) memaparkan spesifikasi bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi Covid-19 untuk siswa kelas X SMA/MA. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan modifikasi model pengembangan Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan meliputi (1) analisis kurikulum dan kebutuhan siswa, (2) mendesain dan mengembangkan bahan ajar, dan (3) melakukan uji validasi dan uji coba produk terbatas terhadap bahan ajar. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh identifikasi saran dan masukan validator maupun siswa. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian validator dan skor dari hasil uji respons siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji validasi bahan ajar pada tahap pertama mencapai 91,7%. Sementara itu, hasil uji validasi tahap kedua mencapai 96%. Hasil uji validasi pada kedua tahap ini menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak diimplementasikan. Meskipun demikian, validator menyarankan untuk memperbaiki beberapa unsur bahan ajar agar semakin layak untuk dilakukan uji coba. Adapun hasil uji coba terbatas menunjukkan kelayakan dan keberterimaan bahan ajar mencapai 96% disertai beberapa saran penyempurnaan. Dengan demikian, bahan ajar teks laporan hasil observasi bertema pandemi Covid-19 dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan penyempurnaan bagian-bagian terkecil bahan ajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Covid-19 Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | USWATUN KHASANAH |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:52 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26304 |
Actions (login required)
View Item |