ARSITA ANIS SANI, 12207183013 (2022) MANAJEMEN MUTU DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (469kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (815kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Mutu dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Darussalam Ariyojeding”, ini ditulis oleh Arsita Anis Sani, NIM 12207183013, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen Mutu, Profesionalisme Guru Penelitian ini membahas tentang Manajemen Mutu dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan. Manajemen mutu sangat penting bagi setiap lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan yang sudah maju atau masih dalam proses pengembangan. Manajemen mutu menjadi hasil akhir penentu sebuah lembaga pendidikan dalam menjalankan proses pendidikannya. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan mutu sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding, (2) Bagaimana pengorganisasian mutu sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding, (3) Bagaimana pelaksanaan mutu sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding, (4) Bagaimana pengawasan mutu sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar manajemen mutu dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan. Sumber data diambil dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru MTs Darussalam Ariyojeding. Pengumpulan data dilakukan degan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan mengunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Perencanaan kegiatan pengembangan profesionalisme guru terdiri dari a) pengadaan sebuah rapat kecil yang berkoordinasi antara kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah, b) adanya penetapan suatu kegiatan yang sesuai dengan visi misi sekolah untuk mencapai tujuan, c) adanya pembentukan sebuah kelompok kecil/tim, (2) Pengorganisasian pada kegiatan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan dilakukan oleh a) semua guru termasuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, b) adanya kerjasama yang sukses dengan melakukan koordinasi sesuai tupoksinya, c) berdasarkan dengan kualifikasi akademik dan kompetensi yang dimiliki, (3) Pelaksanaan pada kegiatan pengembangan profesionalisme guru ini dilakukan dengan a) mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan kegiatan pengembangan, b) mengikuti adanya perkembangan diberbagai bidang IPTEK, c) secara bertahap akan adanya kegiatan monitoring pada kemampuan guru untuk memahami dan menyerap hasil program yang dilakukan sekolah, 4) Pengawasan pada kegiatan pengembangan profesionalisme guru di MTs Darussalam Ariyojeding dilakukan dengan a) pengawasan kepala sekolah dengan memberikan motivasi dan semangat, b) evaluasi secara terus menerus, c) melaporkan hasil program yang telah berjalan dengan kendala yang ada nantinya dapat dibahas lebih lanjut dengan mencari solusi atau jalan terbaik untuk program pengembangan selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183013 ARSITA ANIS SANI |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 03:49 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26316 |
Actions (login required)
View Item |