FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Pada di Bank Syariah Indonesia Kantor Kas Tulungagung Trade Center (BRI Syariah))

SELFIA BERLIANA, 17401163445 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Pada di Bank Syariah Indonesia Kantor Kas Tulungagung Trade Center (BRI Syariah)). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Studi Pada di BSI Kantor Kas Tulungagung Trade Center (BRI Syariah) yang ditulis oleh Selfia Berliana NIM. 17401163445, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Drs. H. Mashudi, M. Pd. I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbankan syariah sebagai upaya kaum muslimin untuk mendasari aspek kehidupan ekonominya yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dalam kegiatan perbankan syariah, kepercayaan menjadi salah satu indikator yang mendorong bertumbuhnya jumlah nasabah pada bank tersebut. Selain itu kemudahan penggunaan serta kenyamanan yang diberikan oleh layanan mobile banking pada Bank BRI Syariah kepada masyarakat dapat mendorong minat nasabah dalam menggunakan produk-produknya. Dalam mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi nasabah, maka pihak bank harus memperhatikan kepercayaan yang dimiliki serta kemunahan layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (2) Untuk menguji pengaruh persepsi daya guna secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (3) Untuk menguji pengaruh kenyamanan secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (4) Untuk menguji pengaruh kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (5) Untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, kenyamanan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking di Bank BRI Syariah Kantor Kas Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (2) Persepsi daya guna secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (3) Kenyamanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (4) Kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking. (5) Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, kenyamanan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking di Bank BRI Syariah Kantor Kas Tulungagung. Kata Kunci : Bank Syariah, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Kenyamanan, Kepercayaan dan Minat Nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163445 Selfia Berliana
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:03
Last Modified: 24 Jun 2022 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26319

Actions (login required)

View Item View Item