IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS I MIN 7 TULUNGAGUNG

YUHANNA UBBAYYI KHOLIFATUSSHOLIHAH, 12205183184 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS I MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas I MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Yuhanna Ubbayyi Kholifatussholihah, NIM. 12205183184, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Kontekstual, Karakter, Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan model pembelajaran kontekstual dalam membentuk karakter religius peserta didik, karena masih ada beberapa pesera didik yang kurang dalam membentuk karakter religiusnya dan juga masih membutuhkan banyak bimbingan dari guru. Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu model yang mampu dalam mengefektifkan proses pembelajaran yang sudah ditetapkan. Dengan adanya model pembelajaran kontekstual ini peserta didik diharapkan dapat menerapakan kegiatan pembiasaan yang berlaku di madrasah guna membentuk karakter religus pesera didik dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas 1-C di MIN 7 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas 1-C MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas 1-C MIN 7 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan dampak dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian meliputi kepala madrasah, guru, peserta didik, serta dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas 1-C MIN 7 Tulungagung yaitu penerapan model pembelajaran kontekstual; pembentukan akhlak, perilaku, dan karakter peserta didik; pentingnya kegiatan pembiasaan kereligiusan; kegiatan membaca do’a; kegiatan membaca Juz’Amma; serta kegiatan membaca asma’ul husna. (2) Peran guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung, yaitu guru mampu menggiatkan pembiasaan keagamaan; guru mampu memberikan bimbingan yang bersifat positif; guru mampu memberikan teladan dan perilaku yang baik secara islami; serta guru mampu memberikan pengarahan yang bersifat membangun. (3) Dampak dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada kelas 1-C MIN 7 Tulungagung, yaitu peserta didik rajin melaksanakan kegiatan religius; terbentuknya sikap bertutur kata yang baik; terbentuknya sikap tingkah laku yang sopan santun; terbentuknya sikap tawakal dan rasa bersyukur; serta terbentuknya sikap al-ukhuwah dan insyirah (lapang dada).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183184 YUHANNA UBBAYYI KHOLIFATUSSHOLIHAH
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:51
Last Modified: 23 Jun 2022 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26325

Actions (login required)

View Item View Item