FERA DWI MERIYANTI, 12205183129 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PESERTA DIDIK KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK engaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan oleh Fera Dwi Meriyanti, NIM. 12205183129, pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Kata kunci : Team Assited Individualization (TAI), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization TAI diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan dalam skripsi ini adalah; 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata IPA peserta didik kelas 5 SDI bayanul azhar bendiljati kulon? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas 5 SDI bayanul azhar bendiljati kulon? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas 5 sdi bayanul azhar bendiljati kulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogeny, dengan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 22.170 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena t atau 22.170 > 2.024 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari T adalah 11.206 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena t hitung > t tabel hitung atau 11.206 > 2.024 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nilai probability yaitu 0.000 < 0.05 maka H a o ditolak dan H hitung a a > t tabel diterima .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183129 Fera Dwi Meriyanti |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26359 |
Actions (login required)
View Item |