PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PESERTA DIDIK KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON

FERA DWI MERIYANTI, 12205183129 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PESERTA DIDIK KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK engaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan oleh Fera Dwi Meriyanti, NIM. 12205183129, pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Kata kunci : Team Assited Individualization (TAI), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization TAI diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan dalam skripsi ini adalah; 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata IPA peserta didik kelas 5 SDI bayanul azhar bendiljati kulon? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas 5 SDI bayanul azhar bendiljati kulon? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas 5 sdi bayanul azhar bendiljati kulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogeny, dengan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari T hitung adalah 22.170 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena t atau 22.170 > 2.024 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari T adalah 11.206 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena t hitung > t tabel hitung atau 11.206 > 2.024 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H o ditolak dan H diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikasi pembelajaran model kooperatif (TAI) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nilai probability yaitu 0.000 < 0.05 maka H a o ditolak dan H hitung a a > t tabel diterima .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183129 Fera Dwi Meriyanti
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:18
Last Modified: 23 Jun 2022 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item View Item