PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL HUDA NGRECO KANDAT KEDIRI

RISMA ROSYIDATUL 'IZZA, 12201183427 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL HUDA NGRECO KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri”, ini ditulis oleh Risma Rosyidatul ‘Izza (12201183427) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Intrinsik, Motivasi Belajar Ekstrinsik Sistem pendidikan di Indonesia saat ini mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya virus Covid-19. Tantangan tersebut berupa pengalihan model pembelajaran yang semula dilaksanakan secara luring diubah menjadi daring (dalam jaringan). Perubahan model pembelajaran dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Akan tetapi, pada proses pelaksanaan pembelajaran daring terjadi hambatan-hambatan yang dapat mengganggu motivasi belajar peserta didik. Motivasi tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya motivasi belajar dari peserta didik, maka tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara maksimal. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu toeri Baker, dkk., yang mengemukakan bahwa peserta didik yang diajar dengan e-learning akan lebih termotivasi daripada siswa yang pergi ke kelas tradisional. Motivasi belajar terdiri dari motivasi belajar intrinsik (dari dalam) dan motivasi belajar ekstrinsik (dari luar). Kedua motivasi tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Membuktikan pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar intrinsik Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. 2) Membuktikan pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar ekstrinsik Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. 3) Membuktikan pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelatif. Penelitia ini digunakan untuk melihat hubungan atau pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuisioner yang terdiri dari angket pembelajaran daring, angket motivasi belajar intrinsik, dan angket motivasi belajar ekstrinsik. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 25.0 for windows dengan uji regresi linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar intrinsik Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri dengan nilai koefisien regresi dengan Sig 0,002<0,05. Pada taraf signifikansi 5%, diketahui nilai t hitung sebesar 3.360 dengan nilai t tabel 1.684 dengan sumbangsih pengaruh sebesar 22%. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar ekstrinsik Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri dengan nilai koefisien regresi dengan Sig 0,002<0,05. Pada taraf signifikansi 5%, diketahui nilai t hitung sebesar 2.380 dengan nilai t tabel 1.684 dengan sumbangsih pengaruh sebesar 12,4%. 3) Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri dengan nilai koefisien regresi dengan Sig 0,001<0,05. Pada taraf signifikansi 5%, diketahui nilai t hitung sebesar 3.587 dengan nilai t tabel 1.684 dengan sumbangsih pengaruh sebesar 24,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap Y 1 , Y 2, serta Y 1 dan Y 2, maka H 1, H 2 , H 3 diterima dan semua H 0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 12201183427 RISMA ROSYIDATUL 'IZZA
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:33
Last Modified: 24 Jun 2022 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26372

Actions (login required)

View Item View Item