LUTFIANA EKA SARI, 12201183105 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENYIKAPI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI DI MA AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (973kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK LUTFANA EKA SARI. Dosen pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc, M.H.. Strategi Guru dalam Menyikapi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa siswa yang sering mengalami kejenuhan dalam mempelajari mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hal ini berdampak pada proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam tidak bisa tercapai maksimal. Oleh karena itu diperlukan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam, agar kejenuhan yang dialami siswa bisa diatasi dengan baik oleh guru mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung ? (2) Bagaimana evaluasi implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung ? (3) Bagaimana hambatan implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitiannya di MA AL Ma’rif Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: (1) Implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung yaitu: Guru menerapkan beberapa strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti : strategi pembelajaran inkuiri ( dengan cara tanya jawab antara guru dan siswa), strategi pembelajaran kooperatif (dengan cara membagi beberapa kelompok kecil, guru memberikan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan setiap kelompok), strategi pembelajran konstektual ( guru mengaitkan materi dengan kehidupan nyata). (2) Evaluasi implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung yaitu mengamati kondisi saat di dalam kelas, melihat dari segi hasil. (3) Hambatan implementasi strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas XI di MA Al Ma’arif Tulungagung, yaitu terbatasnya jam pembelajaran, pembelajaran terbatas, adanya pandemi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Sosiologi Agama > Budaya Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183105 LUTFIANA EKA SARI |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26421 |
Actions (login required)
View Item |