PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 8 BLITAR

AYU DISTA FIYA SAPUTRI, 12201183405 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 8 Blitar” ini ditulis oleh Ayu Dista Fiya Saputri, NIM. 12201183405, pembimbing Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Karakter Konteks dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak sangatlah penting dalam meningkatkan karakter peserta didiknya. Karena karakter peserta didik sangat erat kaitannya dengan keimanan, salah satunya diwujudkan dengan tingkah laku terpuji. Hal ini dapat dilihat dari kalangan peserta didik bahwa pada zaman sekarang banyak yang meninggalkan kewajibannya seperti dalam menjalankan ibadah. Maka, Guru Akidah Akhlak memberikan perannya dalam meningkatkan karakter secara langsung kepada peserta didik di MTs Negeri 8 Blitar. Fokus penelitian ini adalah peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik, motivator dan teladan dalam meningkatkan karakter peserta didik di MTs Negeri 8 Blitar. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan karakter peserta didik di MTs Negeri 8 Blitar? (2) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan karakter peserta didik di MTs Negeri 8 Blitar? (3) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai teladan dalam meningkatkan karakter peserta didik di MTs Negeri 8 Blitar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian, untuk mengecek keabsahan data tersebut dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik yaitu mendidik peserta didik dalam hal peningkatan karakter, selain itu mengembangkan pembiasaan terkait ibadah, mengembangkan pembiasaan yan g baik melalui saling menyapa, mengucapkan salam, dan berjabat tangan dengan guru maupun teman ketika saling bertemu. (2) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator yaitu guru berupaya memberikan dorongan, arahan, dongkrakan kepada peserta didik dengan cara menceritakan tokoh-tokoh inspirasi sehingga peserta didik tertarik dan menjadi semangat. (3) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai teladan yaitu guru harus menjadi uswatun hasanah yang memiliki Akhlakul Karimah yang baik dari segi perkataan maupun dari segi perbuatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183405 AYU DISTA FIYA SAPUTRI
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:40
Last Modified: 27 Jun 2022 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item