MUHAMMAD HENDRA MUSTOFA, 12201183194 (2022) PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK DI MA AL MUSLIHUN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (299kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (313kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (132kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (120kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan aplikasi whatsapp terhadap motivasi dan prestasi belajar akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 peserta didik di MA Al Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini di tulis oleh Muhammad Hendra Mustofa, NIM. 12201183194. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Saiful Bahri, M.Pd.I Kata Kunci : Whatsapp, motivasi, prestasi belajar, akidah akhlak Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena yang terjadi di masyarakat yakni terjadinya pandemic covid-19. Hal ini berdampak besar pada lingkungan pendidikan dan dalam proses kegiatan belajar mengajarnya. Guru tidak dapat menyampaikan materi secara langsung kepada siswa. Maka dari itu, guru memanfaatkan media media pembelajaran yang berbasis elektronik atau biasa yang disebut e-learning untuk mengajar materi pembelajaran. Di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir para guru mayoritas menggunakan media pembelajaran whatsapp sebagai media pembelajaran sehari hari pada masa pandemic covid-19 Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan apikasi whatsapp terhadap motivasi belajar akidah akhlak pada masa pandemic covid-19 peserta didik di MA Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir ? (2) Adakah pengaruh penggunaan apikasi whatsapp terhadap prestasi belajar akidah akhlak pada masa pandemic covid-19 peserta didik di MA Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir ? (3) Adakah pengauh yang signifikan antara penggunaan apikasi whatsapp terhadap motivasi dan prestasi belajar akidah akhlak pada masa pandemic covid-19 peserta didik di MA Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir ? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel yang terdisi dari 30 siswa. Dengan teknikampel jenuh. Variabel bebas : Aplikasi Whatsapp (X2). Variabel terikat : Motivasi Belajar (X1) dan Prestasi Belajar (X2). Teknik pengumpulan data : angket. Teknik analisis data : uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linieritas, uji T, uji F. Hasil penelitian : (1) Ada Penggunaan aplikasi Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Di MA Al Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (4.639 > 2.056), maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ada Penggunaan aplikasi Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Di MA Al Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (2.932 > 2.056) maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Ada Penggunaan aplikasi Whatsapp Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Di MA Al Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang di tunjukkan dari Fhitung > Ftabel (8.632 > 2.056) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Daring Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Prestasi Belajar Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183194 MUHAMMAD HENDRA MUSTOFA |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:48 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26446 |
Actions (login required)
View Item |