PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) SURABAYA

HANIDA TRIANA RAHMA, 12401183007 (2022) PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) SURABAYA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Pemahaman Produk terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Perbankan Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Surabaya” yang ditulis oleh Hanida Triana Rahma, NIM. 12401183007 Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan penulis kepada nasabah bank BSI KCP Mulyosari Surabaya, nasabah belum sepenuhnya memahami produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah, rata-rata mereka hanya mengetahui produk dengan akad yang digunakan saja. Selain itu, beberapa nasabah mengeluhkan pelayanan bank yang cukup lama disaat jam-jam sibuk dan kurangnya tempat duduk yang disediakan. Hal ini dapat memicu terhambatnya keputusan nasabah untuk menggunakan layanan bank syariah. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang dapat memengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk perbankan seperti promosi, kualitas pelayanan dan pemahaman produk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel promosi, kualitas pelayanan, dan pemahaman produk terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan; kedua, untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel promosi, kualitas pelayanan dan pemahaman produk terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan; dan ketiga, untuk mengetahui variabel yang paling dominan memengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk perbankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar pada responden nasabah BSI KCP Mulyosari Surabaya sebanyak 100 responden. Data kuesioner dianalisis menggunakan SPSS versi 25.0 dengan beberapa tahap uji analisis data yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel promosi dan pemahaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan BSI Surabaya. Sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan. Kemudian secara simultan variabel promosi, kualitas pelayanan, dan pemahaman produk sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan BSI Surabaya. Variabel yang paling dominan adalah pemahaman lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya. Implikasi dari hasil penelitian antara lain: sebagai bahan masukkan untuk meningkatkan strategi promosi dan kualitas pelayanan guna menarik minat masyarakat menggunakan produk perbankan syariah; dan sebagai bahan pertimbangan bagi masyarakat yang belum menjadi nasabah di bank syariah. Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Produk, Keputusan Menjadi Nasabah, Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183007 HANIDA TRIANA RAHMA
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:36
Last Modified: 27 Jun 2022 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item