MOH. AGUS WIJAYANTO, 12208183087 (2022) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (308kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (309kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam menumbuhkan nilai Pendidikan Karakter Siswa melalui materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Mu'allimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Moh. Agus Wijayanto, Tadris Biologi, NIM. 12208183087 Tahun 2022 dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas S. Si, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Nilai Pendidikan Karakter, Materi pencemaran lingkungan Skripsi ini dilatar belakangi peran guru biologi dalam menumbuhkan nilai Pendidikan karakter siswa melalui materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar. Seorang pendidik atau guru memiliki peranan penting dalam dunia Pendidikan. Seorang guru diharapkan mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter peduli lingkungan kepada peserta didik dan tidak hanya mengajarkan materi saja akan tetapi implementasi juga harus dilakukan didalam Pendidikan, dengan demikian nilai-nilai karakter siswa dalam peduli terhadap lingkungan tidak sekedar teori saja namun, bisa tercermin pada perilaku siswa atau peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Guru biologi berperan penting dalam hal menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan tersebut. Peran guru biologi dalam menumbuhkan nilai Pendidikan karakter siswa melalui materi pencemaran lingkungan sangat penting untuk meningkatan kualitas dan mutu peserta didik agar memiliki rasa tanggung jawab dalam peduli lingkungan, karena pendidikan hanya membina kecerdasan intelektualnya dan wawasan yang tidak diimbangi dengan keterampilan sikap peduli dan tanggung jawab Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan nilai Pendidikan Karakter Siswa peduli lingkungan melalui materi pencemaran lingkungan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam menumbuhkan nilai pendidikan karakter siswa peduli lingkungan melalui materi pencemaran lingkungan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar. Data yang peneliti dapatkan dari Guru IPA Biologi dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria Credibuiliti, Transferability, Confirmability, Dependenbility. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan pemaparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Peran guru dalam menumbuhkan nilai Pendidikan karakter siswa peduli lingkungan melalui materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar antara lain: a.) perannya dalam menyampaikan materi dan teori didalam kelas yaitu perannya xvii memberikan bimbingan kepada siswa. b.) peranya dalam memberikan contoh atau model kepada siswanya. c.) perannya dalam memberikan sebuah nasihat. d.) perannya untuk slalu menegur siswanya yang melakukan kesalahan e.) perannya dalam memberikan sebuah penghargaan. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan nilai Pendidikan karakter siswa peduli lingkungan melalui materi pencemaran lingkungan antara lain: Faktor pendukung: a.) metode teori Keaktifan siswa yang bertanya dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. b.) metode peraturan disekolah dengan adanya peraturan yang harus ditaati siswa c.) metode keteladanan adanya siswa yang sudah rajin dengan adanya pengajaran membersihkan lingkungan dirumah d.) metode pembiasaan adanya siswa yang sudah terbiasa akan membersihkan lingkungan e.) adaptasi adanya Siswa yang bisa beradaptasi dengan menjaga kebersihan baik dilingkungan sekolah atau dirumah. Faktor penghambat: a.) metode teori adanya iswa yang menyepelekan dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru b.) metode peraturan disekolah adanya siswa yang tidak taat terhadap peraturan menjaga kebersihan disekolah c.) metode keteladan adanya siswa yang tidak teladan dalam menjaga kebersihan lingkungan d.) metode pembiasaan adanya siswa yang tidak terbiasa dengan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan e.) adaptasi danya siswa yang tidak bisa beradaptasi dengan adanya peraturan menjaga kebersihan dilingkungan sekolah. peran guru di SMP Muallimin sudah terbilang cukup baik, hal ini terlihat dari pengajarannya yang begitu berbeda dengan guru lain dimana guru IPA yang menerapkan pembelajaran dengan contoh nyata dikehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Lingkungan Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Karakter Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183087 MOH. AGUS WIJAYANTO |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26502 |
Actions (login required)
View Item |