LELI MEI DISTIAWANTI, 12204183070 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED POE2WE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (822kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (937kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended POE2WE Berbasis Google Classroom Terhadap Efficacy dan Hasil Belajar Pada Materi Fungsi Siswa Kelas X SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Leli Mei Distiawanti, NIM 12204183070, Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended POE2WE, Google Classroom, Efficacy, Hasil Belajar Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan suatu proses pembelajaran. Model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan rendahnya efficacy siswa dalam mengerjakan tugas matematika. Sehingga memicu siswa mudah putus asa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 abad 21 untuk meningkatkan efficacy dan hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy dan hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas X MIPA 3 dengan absen ganjil sebagai kelas eksperimen dan absen genap sebagai kelas kontrol dikarenakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas 50%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sebesar 30,8%. (2) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sebesar 26,7%. (3) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy dan hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pada Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root pada Effect faktor dan diperoleh kesuluruhan data yang sama yaitu nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sebesar 35,2%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Luring Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183070 Leli Mei Distiawanti |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:28 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26686 |
Actions (login required)
View Item |