PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED POE2WE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT

LELI MEI DISTIAWANTI, 12204183070 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED POE2WE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended POE2WE Berbasis Google Classroom Terhadap Efficacy dan Hasil Belajar Pada Materi Fungsi Siswa Kelas X SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Leli Mei Distiawanti, NIM 12204183070, Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended POE2WE, Google Classroom, Efficacy, Hasil Belajar Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan suatu proses pembelajaran. Model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan rendahnya efficacy siswa dalam mengerjakan tugas matematika. Sehingga memicu siswa mudah putus asa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 abad 21 untuk meningkatkan efficacy dan hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy dan hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas X MIPA 3 dengan absen ganjil sebagai kelas eksperimen dan absen genap sebagai kelas kontrol dikarenakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas 50%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sebesar 30,8%. (2) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sebesar 26,7%. (3) ada pengaruh model pembelajaran blended POE2WE berbasis google classroom terhadap efficacy dan hasil belajar pada materi fungsi siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pada Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root pada Effect faktor dan diperoleh kesuluruhan data yang sama yaitu nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sebesar 35,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Luring
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183070 Leli Mei Distiawanti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:28
Last Modified: 06 Jul 2022 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26686

Actions (login required)

View Item View Item