PENGGUNAAN METODE TANDUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN

MERISKA MASROFAH, 12210183028 (2022) PENGGUNAAN METODE TANDUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penggunaan Metode Tandur dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen”. Ini ditulis oleh Meriska Masrofah Nim 12210183028, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Menulis, Teks Biografi, Metode Tandur. Guru bahasa Indonesia di SMA Islam Kepanjen menggunakan metode secara kreatif untuk menunjang keberhasilan pembelajaran metode pembelajaran merupakan keseluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Salah satu metode yang dimanfaatkan guru bahasa Indonesia di SMA Islam Kepanjen adalah metode tandur. Dengan adanya penggunaan metode ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas nilai siswa terutama pada pembelajaran menulis teks biografi. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam terkait penggunaan metode tandur ini. Fokus penelitian ini adalah (1)Perencanaan metode tandur dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. (2) Pelaksanaan metode tandur dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. (3) Evaluasi metode tandur dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. Objek penelitian ini adalah metode tandur. Penelitian kualitatif menggunakan tiga teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa guru dalam menggunakan metode tandur melalui tiga proses, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Pada bagian perencanaan guru mempersiapkan RPP, media dan metode yang akan digunakan. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan guru melakukan tahap-tahap pembelajaran dengan menggunakan metode tandur tahap-tahap tersebut diuraikan sebagai berikut. Tahap pertama tumbuhkan, guru menumbuhkan semangat belajar siswa. Tahap kedua alami, guru di sini membuat siswa untuk bersentuhan langsung dengan materi. Tahap ketiga namai, guru menjelaskan konsep, strategi dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Tahap keempat demonstrasikan, guru meminta siswa untuk membentuk kelompok salah satu perwakilan kelompok maju kedepan untuk mendemonstrasikan hasil tulisanya. Tahap kelima ulangi, guru meminta siswa untuk mengulangi penjelasan materi dari awal hingga akhir. Tahap keenam rayakan, guru mengajak siswa untuk merayakan apa yang telah mereka pelajari. Pada tahap evaluasi guru menggunakan tes tulis untuk mengetahui bagaimana hasil yang didapatkan siswa dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode tandur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa metode tandur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks biografi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bahasa Dan Sastra > Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Meriska Masrofah
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:13
Last Modified: 29 Jun 2022 05:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26702

Actions (login required)

View Item View Item