PERFORMANCE SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR

ANANDA SAFIA RAHMA, 12207183062 (2022) PERFORMANCE SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Ananda Safia Rahma, Nim.12207183062 "Performance Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTsN 1 Kota Blitar", Manejemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Performace Supervisor, Kompetensi Guru Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fakta lapangan kondisi realita menunjukan kinerja guru belum ditopang sepenuhnya dalam penguasaan kompetensi guru. Rendahnya kompetensi guru dilihat dari fakta dilapangan menunjukkan para lulusan pendidikan secara moral cenderung merosot dan secara intelektual akademis juga kurang siap untuk masuk di lapangan pekerjaan karena minimnya kompetensi yang dimiliki. Performance supervisor itu terkadang tidak dapat berjalan dengan optimal dan efektif hal Ini disebabkan beberapa faktor kurang memadainya pengetahuan supervisor, serta sedikitnya keterampilan dan pengalaman supervisor. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di MTsN 1 Kota Blitar. 2) untuk mengetahui bagaimana performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional di MTsN 1 Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui bagaimana performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi kepribadian di MTsN 1 Kota Blitar 4) Untuk mengetahui performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi sosial Guru Di MTsN 1 Kota Blitar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru-guru. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis datanya mengunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya meliputi triangulasi, ketekunan pengamatan, perpanjangan kehadiran. Hasil Penelitian ini yaitu: 1) Performance supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sebagai berikut: Pertama Kepala madrasah merencanakan program dalam meningkatakan kompetensi guru yaitu melaksanakan kegiatan supervisi akademik, Kedua memantau guru untuk mengikuti kegiatan MGMP, Ketiga mengadakan rapat evaluasi kinerja guru selama proses pembelajaran yang dilakukan satu bulan sekali. 2) Performance Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru sebagai berikut: Pertama memantau guru dalam melaksanakan kegiatan KKG. Kedua memotivasi guru untuk menulis karya tulis ilmiah. Ketiga memotivasi guru untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. 3) Performance Supervisor Dalam Meningkatakan Kompetensi Kepribadian Guru yaitu sebagai berikut: Pertama kepala madrasah memantau guru untuk mengikuti kegiatan keagamaan yang ada dimadrasah. Kedua menerapkan sikap sesuai dengan pedoman agama. Ketiga melalui pembiasaan diri untuk lebih jujur, disiplin, dan bertindak sesuai norma agama dan hukum. 4) Performance Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru yaitu sebagai berikut: Pertama kepala madrasah mengadakan rapat guru meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik melalui dengan pembinaan kepala madrasah dan pembinaan kepala madrasah melaui kegiatan supervisi. Kedua kepala madrasah membiasakan bapak ibu guru dalam berkomunikasi dan bergaul yang baik dalam lingkungan bermasyarakat. Ketiga kepala madrasah berusaha menumbuhkan sikap empati guru. Keempat menjalin hubungan baik kepada wali murid dengan mengadakan pertemuan dan melayani dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207183062 Ananda Safia Rahma
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:41
Last Modified: 04 Jul 2022 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item