Infirul, Azizah (2015) PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN DALAM KONTEKS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Multi Kasus di SMKN 1 Pogalan Dan SMAN 1 Trenggalek. [ Thesis ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 TESIS.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TESIS.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Tesis.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV TESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V, VI TESIS.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SUMMARY.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
COVER TESIS.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
SUMMARY.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengelolaan Dana Pendidikan Dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Multi Kasus di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek)” ini ditulis oleh Infirul Azizah dibimbing Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Pengelolaan Dana Pendidikan, Manajemen Berbasis Sekolah Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang mengisyaratkan bahwa masalah dana merupakan komponen yang sangat penting dan menentukan keberhasilan setiap usaha pendidikan. Manajemen Berbasis Sekolah menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan. Fokus penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pertanggungjawaban dana pendidikan dalam kontek manajemen berbasis sekolah. Pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana perencanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah 2) Bagaimana pelaksanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah 3) Bagaimana pengendalian dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah 4) Bagaimana pertanggungjawaban dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan: 1) Perencanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek 2) Pelaksanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek 3) Pengendalian dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek 4) Pertanggungjawaban dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi kasus, yang lokasinya di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Trenggalek, sumber data berupa primer dan sekunder, prosedur pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan credibilitas, transferability, dependability dan confirmability. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah diawali mengetahui sumber dana, penyusunan RKAS, hubungan visi, misi dengan RKAS, mengacu pada delapan Standar Nasioanl Pendidikan. 2) Pelaksanaan dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah mengacu pada RKAS, memungkinkan adanya revisi RKAS, diangkatnya bendahara untuk mengelola masing-masing sumber dana Pengelolaan dana BOS sesuai juknis BOS SMA/SMK. Adanya kepanitiaan di setiap kegiatan, pengadaan barang oleh tim barang. 3) Pengendalian dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah dilaksanakan pada saat dan/atau setelah ke dilaksanakan, oleh pihak yang berwenang. 4) Pertanggungjawaban dana pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah dilaksanakan secara transparan dan accountable.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Studi Islam |
Depositing User: | Infirul Azizah Azizah |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:40 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 13:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
View Item |