ASIFA SARI, 12204183072 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat” yang ditulis oleh Asifa Sari, NIM. 12204183072, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci: Video Pembelajaran, Model Pembelajaran ¬Self-Directed Learning (SDL), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik kurang memahami makna belajar dan cenderung akan menimbulkan rasa bosan sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada siswa dan akan melatih siswa untuk lebih mandiri dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain post test only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. Hal ini berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji-t independent diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,006. (2) Besar pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat adalah sebesar 1,071 dan interpretasi pada tabel Cohen’s adalah 84%, yang mana persentase tersebut termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183072 ASIFA SARI |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:16 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26842 |
Actions (login required)
View Item |