PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT

ASIFA SARI, 12204183072 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat” yang ditulis oleh Asifa Sari, NIM. 12204183072, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci: Video Pembelajaran, Model Pembelajaran ¬Self-Directed Learning (SDL), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik kurang memahami makna belajar dan cenderung akan menimbulkan rasa bosan sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada siswa dan akan melatih siswa untuk lebih mandiri dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain post test only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. Hal ini berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji-t independent diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,006. (2) Besar pengaruh penggunaan video pembelajaran model Self-Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat adalah sebesar 1,071 dan interpretasi pada tabel Cohen’s adalah 84%, yang mana persentase tersebut termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183072 ASIFA SARI
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:16
Last Modified: 04 Jul 2022 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26842

Actions (login required)

View Item View Item