ANITA MIFTAHURROHMAH SULUM, 12208183025 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI VIRUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-2 SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Biologi pada Materi Virus Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X MIPA-2 SMAN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Anita Miftahurrohmah Sulum, NIM 12208183025, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Biologi, Gaya Belajar, Virus Pemahaman konsep merupakan kemampuan mengungkapkan kembali pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk lain, yang lebih mudah dimengerti. Pemahaman konsep yang baik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran biologi. Dengan memahami konsep, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir dari materi yang diajarkan. Namun faktanya, kemampuan siswa dalam memahami konsep tergolong rendah, kebanyakan siswa hanya menghafal materi tanpa memahami konsep dari materi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan siswa bingung dan kesulitan saat menjawab soal yang telah dielaborasi, khususnya pada materi virus. Dalam proses belajar, gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahamanan konsep biologi berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi virus kelas X MIPA-2 SMAN 1 Rejotangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Rejotangan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA-2 yang berjumlah 34 dan akan dipilih 9 siswa sebagai subjek wawancara penelitian, yaitu 3 siswa dari gaya belajar visual, 3 siswa dari gaya belajar auditorial, dan 3 siswa dari gaya belajar kinestetik. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator pemahaman konsep biologi menurut Anderson & Krathwohl dengan 7 kategori indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, ketiga subjek memenuhi kategori pemahaman konsep biologi yang berbeda. Kategori yang memenuhi ketiga subjek ada 5, yaitu menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), inferensi (inferring), menjelaskan (explaining) dan mencontohkan (exemplifying). Siswa dengan gaya belajar auditorial, ketiga subjek memenuhi kategori pemahaman konsep biologi yang berbeda. Kategori yang memenuhi ketiga subjek ada 5, yaitu menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), inferensi (inferring), menjelaskan (explaining) dan mencontohkan (exemplifying). Siswa dengan gaya belajar kinestetik, ketiga subjek memenuhi kategori pemahaman konsep biologi yang berbeda. Kategori yang memenuhi ketiga subjek ada 3, yaitu menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), dan mencontohkan (exemplifying). Dari hasil di atas dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya belajar visual mempunyai jumlah pemahaman konsep biologi yang sama dengan gaya belajar auditorial, sedangkan keduanya mempunyai pemahaman konsep biologi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik.Selain hasil di atas, peneliti menemukan temuan tambahan yaitu 3 siswa dengan gaya belajar campuran dengan rincian 2 siswa dengan gaya belajar visual kinestetik yang memenuhi kategori pemahaman konsep biologi yang berbeda, kategori yang memenuhi kedua siswa ada 4, yaitu menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), inferensi (inferring), dan mencontohkan (exemplifying). Dan 1 siswa dengan gaya belajar auditorial kinestetik yang memenuhi 4 kategori pemahaman konsep biologi, yaitu menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), inferensi (inferring), dan mencontohkan (exemplifying).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183025 ANITA MIFTAHURROHMAH SULUM |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:18 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26852 |
Actions (login required)
View Item |