I’ANATUT DIANA, 12201173409 (2022) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (699kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (264kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di MTsN 6 Tulungagung ini di tulis oleh I’anatut Diana. NIM. 12201173409, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Akhlakul Karimah, Siswa Peran guru Aqidah Akhlak di MTsN 6 Tulungagung sangat penting dalam membina akhlak siswa hal ini dikarenakan sebagai dasar yang dapat diterapkan baik dalam di lingkungan sekolah maupun lingkungan lainnya dengan menamkan nilai agama, memberikan arahan serta memberikan pembekalan supaya siswa memiliki akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 6 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan bentuk capaian dari peran guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 6 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dialami dari peran guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Aqidah Akhlak di MTsN 6 Tulungagung dalam membina Akhlakul Karimah pada siswa dengan memberikan tauladan, arahan, serta teguran khususnya dalam penerapan nilia-nilai keislaman supaya siswa berperilaku baik khususnya di lingkungan sekolah dengan arahan dalam bentuk personal pada masing-masing siswa serta bentuk secara bersama-sama. Bentuk capaian peran guru Aqidah Akhlak di MTsN 6 Tulungagung, diantaranya: 1) Terbentuknya budaya berakhlakul karimah pada masing-masing siswa dengan berperilaku sopan, berjabat tangan dengan guru. 2) Terbentuknya budaya yang dilakukan secara bersama-sama dari siswa, diantaranya: Sholat berjamaah, istighosah serta kegiatan lainnya. Hambatan muncul dari latar belakang siswa yang berbeda-beda dimana perbedaan terletak pada kondisi latar belakang keluarga, tingkat agama, dan tingkat keimanan dari siswa. Selain itu, juga terjadi keterbatasanya pengawasan dari pihak sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173409 I’ANATUT DIANA |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26931 |
Actions (login required)
View Item |