Dwi, Puspita, Anita (2014) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTsN LANGKAPAN SRENGAT TAHUN AJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
COVER SKRIPSI+ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter (Religius, Disiplin dan Tanggung Jawab), Prestasi Belajar. Pendidikan karakter sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya disekolah untuk merubah tingkah laku siswa yang kurang baik atau jelek menjadi tingkah laku yang baik dan mulia. Untuk mewujudkan akhlak yang baik dan mulia dalam diri siswa maka pendidikan karakter disekolah perlu dikembangkan melalui integrasi pembelajaran dan budaya sekolah. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 2. Adakah pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 3. Adakah pengaruh pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 4 Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Stratified Random Sampling teknik ini bisa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 590 siswa. Peneliti menjadikan siswa kelas VIII sebagai sampel dalam penelitian ini sebesar 59 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu rumus chi kuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil penelitian: 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,509 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Religius terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,443 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Disiplin terhadap Prestasi Belajar Aqidah Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only. Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,392 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Tanggung Jawab terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,515 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 04:04 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 02:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/272 |
Actions (login required)
View Item |