PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTsN LANGKAPAN SRENGAT TAHUN AJARAN 2013/2014

Dwi, Puspita, Anita (2014) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTsN LANGKAPAN SRENGAT TAHUN AJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI+ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter (Religius, Disiplin dan Tanggung Jawab), Prestasi Belajar. Pendidikan karakter sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya disekolah untuk merubah tingkah laku siswa yang kurang baik atau jelek menjadi tingkah laku yang baik dan mulia. Untuk mewujudkan akhlak yang baik dan mulia dalam diri siswa maka pendidikan karakter disekolah perlu dikembangkan melalui integrasi pembelajaran dan budaya sekolah. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 2. Adakah pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 3. Adakah pengaruh pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? 4 Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014? Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Stratified Random Sampling teknik ini bisa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 590 siswa. Peneliti menjadikan siswa kelas VIII sebagai sampel dalam penelitian ini sebesar 59 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu rumus chi kuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil penelitian: 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,509 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Religius terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter disiplin terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,443 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Disiplin terhadap Prestasi Belajar Aqidah Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only. Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,392 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter Tanggung Jawab terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN Langkapan Srengat. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kreteria r product moment pada taraf 5% = 0.266 dan taraf 1% = 0.345 < hasil penelitian 0,515 sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif lagi signifikan antara pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:04
Last Modified: 09 Apr 2020 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item