RIZNANDA AULIA PUTRI, 12204183309 (2022) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII MTsN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (816kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (708kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Riznanda Aulia Putri, NIM. 12204183309, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, yaitu guru yang lebih berperan aktif saat pembelajaran berlangsung dan siswa hanya mendengarkan penyampaian materi. Sehingga, diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu model Guided Discovery Learning. Model Guided Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk memperoleh pengetahuan dan membangun konsep yang mereka temukan dalam proses pembelajaran untuk dirinya sendiri dengan bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, (2) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kediri sebanyak 366 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa dan VIII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji manova dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, (2) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, dan (3) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183309 RIZNANDA AULIA PUTRI |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27496 |
Actions (login required)
View Item |