PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII MTsN 2 KEDIRI

RIZNANDA AULIA PUTRI, 12204183309 (2022) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII MTsN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Riznanda Aulia Putri, NIM. 12204183309, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, yaitu guru yang lebih berperan aktif saat pembelajaran berlangsung dan siswa hanya mendengarkan penyampaian materi. Sehingga, diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu model Guided Discovery Learning. Model Guided Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk memperoleh pengetahuan dan membangun konsep yang mereka temukan dalam proses pembelajaran untuk dirinya sendiri dengan bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, (2) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kediri sebanyak 366 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa dan VIII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji manova dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, (2) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri, dan (3) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTsN 2 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183309 RIZNANDA AULIA PUTRI
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:51
Last Modified: 19 Jul 2022 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item