TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO.5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT TERHADAP STRATEGI PERSAINGAN DAGANG (Studi Kasus di Warung Sutik Desa Sanggrahan Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung)

SITI WAHYU LINDAYANI, 12101183104 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO.5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT TERHADAP STRATEGI PERSAINGAN DAGANG (Studi Kasus di Warung Sutik Desa Sanggrahan Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh warung Sutik yang melakukan promosi untuk meningkatkan penjualannya dengan cara melebih-lebihkan keunggulan barang. Keunggulan barang yang dimaksud yaitu barang berupa sembako yang diperjualbelikan di warungnya. Kegiatan promosi ini dilakukan sebagai strategi untuk menghadapi persaingan dagang yang semakin ketat. Selain itu lokasi dari warung Sutik ini tepat di depan minimarket yang sangat terkenal yaitu Indomaret. Tetapi warung Sutik tetap bisa bersaing dengan menggunakan strategi yang dibuat untuk menghadapi persaingan dagang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik strategi persaingan dagang di Warung Sutik Desa Sanggrahan? 2)Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap strategi persaingan dagang di Warung Sutik Desa Sanggrahan Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung? 3) Bagaimana tinjauan UU No.5 Tahun 1999 terhadap strategi persaingan dagang di Warung Sutik Desa Sanggrahan Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung? Metode peneltian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik strategi persaingan dagang di Warung Sutik melalui 3 strategi pemasaran yaitu melalui strategi produk, strategi harga, dan strategi promosi. Ketiga strategi tersebut mampu meningkatkan penjualan dengan signifikan. 2) Tinjauan Hukum Islam terhadap strategi persaingan dagang di Warung Sutik Desa Sanggrahan yaitu mengharamkan perilaku-perilaku yang dilakukan oleh warung Sutik. Diharamkan karena mengandung unsure gharar, tadlis dan zalim 3) tinjauan UU No.5 Tahun 1999 terhadap strategi persaingan dagang di Warung Sutik melanggar pasal tentang perjanjian harga serta pelanggaran tentang dominasi pelaku usaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183104 SITI WAHYU LINDAYANI
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:02
Last Modified: 15 Jul 2022 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27551

Actions (login required)

View Item View Item