STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan)

KAMILAH ROZANATUS SANIA, 12402183377 (2022) STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pasar Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan)” ini ditulis oleh Kamilah Rozanatus Sania, NIM 1240183377, dengan dosen pembimbing Moh Rois Abin, M.Pd.I. Strategi pengelolaan pasar tradisional menjadi fokus dalam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pasar modern yang berdekatan dengan pasar tradisional, banyak konsumen yang beralih berbelanja di pasar modern karena pasar modern mengungguli pasar tradisional dari segi produk variasinya lebih banyak, tata letak produk yang rapi, kondisi yang nyaman, dan tentunya memudahkan konsumen untuk mencari barang yang diperlukan. Oleh karena itu pasar tradisional harus melakukan strategi untuk pengelolaan pasar tradisional supaya konsumen berbelanja lagi yaitu dengan cara melakukan pengelolaan tata ruang, pengelolaan kebersihan, dan pengelolaan bangunan di pasar tradisional sehingga konsumen merasa puas dan berbelanja lagi di pasar tradisional. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen? 2) Bagaimana pengawasan pasar tradisonal dalam meningkatkan kepuasan konsumen? 3) Bagaimana pelaksanaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen di pasar Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Pendekatan dalam penelitian adalah jenis pendekatan penelitian kualitaif. Penelitian dilakukan di pasar Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data dalam penetilian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pada pasar Moropelang yang meliputi perencanaan pada tata ruang yaitu dengan penataan kios, kebersihan seperti menyapu, penangganan sampah dan lainnya, dan bangunan dengan membangun bangunan yang sudah rusak. Pelaksanaan pasar moropelang dengan mengupayakan pekerja untuk mencapai tujuan. Pelaksanaan tata ruang belum berjalan dengan baik masih banyak pedagang yang berjualan sesuai yang dikelompokkan, pelaksanaan bangunan belum berjalan dengan baik karena ada bangunan yang masih rusak dan belum diperbaiki, pelaksanaan kebersihan sudah berjalan baik, kesadaran pedagang yang menyediakan tempat sampah seperti plastik, keranjang bekas buah meskipun belum disediakan tempat sampah untuk para pedagang di pasar Kata kunci: Strategi, Pengelolaan, Pasar Tradisional, Kepuasan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183377 Kamilah Rozanatus Sania
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:18
Last Modified: 20 Jul 2022 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27804

Actions (login required)

View Item View Item