ERSA FRESTYANA SARI, 12204183218 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI MTSN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ersa Frestyana Sari dengan NIM 12204183218 program studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd dengan NIP. 196811302007011002. Kata kunci: Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Berpikir Kritis. Tuntutan era reformasi industri 4.0 mengharuskan siswa mampu berfikir inovatif, kreatif dan kritis. Tuntutan tersebut ternyata dapat dikondisikan disekolah menggunakan model pembelajaran salah satunya yang dipilih adalah model Problem Based Learning. Melalui model Problem Based Learning, dapat memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan masalah serta siswa mampu mengkonstruk sendiri pemahamannya terhadap materi dengan langkah-langkah proses pembelajarannya berikut: guru, memberikan masalah kontekstual, mengorganisasian siswa untuk belajar, memberikan bimbingan belajar secara individu dan kelompok, penyajian hasil karya oleh siswa, menganalisis serta mengevaluasi hasil karya. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning berbantuan lembar kerja peserta didik mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning berbantuan lembar kerja peserta didik mempengaruhi kemampuan berfikir kritis, Jenis pedekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, mulai dilaksanakan pada tanggal 16 Februari-17 Maret 2022 di MTsN 4 Tulungagung. Populasinya seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung, dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan LKPD didukung dengan dokumentasi. Materi yang di gunakan adalah bangun ruang sisi datar dengan pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun limas dan prisma. Hasil analisis data diperoleh: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning berbantuan lembar kerja peserta didik dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII di MtsN 4 Tulungagung sehingga model Problem Based Learning lebih cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis daripada model konvensional. 2) berdasarkan nilai N-Gain tingkat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII di MTSn 4 Tulungagung sebesar 67,8%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183218 ERSA FRESTYANA SARI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:58 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27859 |
Actions (login required)
View Item |