RAHMAUDINA AL KANZAH, 12201183356 (2022) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rahmaudina Al Kanzah, NIM. 12201183356, “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Hj. St. Noer Farida Laila,.MA. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masih adanya penyajian pendekatan pembelajaran konvensional yang mengakibatkan peserta didik cenderung pasif. Sehingga membuat peserta didik mudah bosan dan kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang berdampak pada motivasi belajar dan hasil belajar yang rendah. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik. Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Sedangkan hasil belajar merupakan terjadinya perubahan tingkah laku pada diri peserta didik, yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Agar motivasi dan hasil belajar meningkat, salah satunya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan CTL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari. Tahapan dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menekankan pada beberapa komponen, yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya/nyata. Dalam penelitian ini, peneliti hayanya menemukan 2 teori saja, sehingga peneliti membatasi secara terpisah rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu 1) Adakah pengaruh signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar PAI peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek, 2) Adakah pengaruh signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek. Adapun yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar PAI peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek, 2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas (X) adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan variabel terikat (Y) adalah motivasi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling yaitu simple random sampling, dimana peneliti mengambil sampel secara acak. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 4 yang berjumlah 33peserta didik yang dipilih melalui lotre. Dalam pemgambilan data menggunakan tes dan skala motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar PAI yang ditunjukkan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 8,649 > 2,040 dengan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, yang diterima pada penelitian ini adalah hipotesis alternative (Ha) yaitu Ada Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar PAI Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek. 2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI yang ditunjukkan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 3,70 > 2,040 dengan sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05. Dengan demikian, yang diterima pada penelitian ini adalah hipotesis alternative (Ha) yaitu Ada Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183356 RAHMAUDINA AL KANZAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27863 |
Actions (login required)
View Item |