ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR SISTEMATIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (SBK) DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI SLB-B TULUNGAGUNG

UUS APRILIA USWATUL KHASANAH, 12204183258 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR SISTEMATIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (SBK) DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI SLB-B TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berfikir Sistematis Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan di SLB-B Tulungagung” ini ditulis oleh Uus Aprilia Uswatul Khasanah, NIM. 12204183258, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir, Matematika, soal Pecahan, soal cerita, Siswa Berkebutuhan Khusus. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran siswa yang di fokuskan untuk berfikir sistematis tinggi dan rendah, seseorang dikatakan berfikir jika orang tersebut mampu menggunakan penalaran untuk memperoleh pengetahuan. Dan untuk Pembelajaran siswa berkebutuhan khusus (student with special needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing–masing untuk memahami materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hal tersebut salah satu ketrampilan yang harus dimiliki siswa dalam mengerjakan soal matematika yaitu berfikir sistematis. Dikatakan berfikir sistematis yaitu apabila seseorang mampu menyelesaikan sebuah persoalan dimana soal tersebut dikerjakan dengan cara dan langkah-langkah yang berurutan dan sistematis. Melalui berfikir sistematis ini siswa dapat menyelesaikan soal pecahan berbentuk cerita dengan mengaitkan pengetauan awal yang telah dipelajari sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk memahami kemampuan berfikir sistematis tinggi siswa berkebutuhan khusus (SBK), dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan, 2) untuk memahami kemampuan berfikir sistematis rendah siswa berkebutuhan khusus (SBK), dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) di SLB-B Tulungagung yang berjumlah 2 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, dan berkemampuan rendah. Teknik pengambilan data dari penelitian ini ialah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Lalu untuk Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) siswa dengan kemampuan berpikir sistematis tinggi siswa berkebutuhan khusus (SBK) mampu menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan di SLB-B Tulungagung mencapai 3 indikator berpikir sistematis, yaitu tahap interprenting, summarizing, dan inferring. 2) siswa dengan kemampuan berpikir sistematis rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan di SLB-B Tulungagung mampu mencapai dua indikator berpikir sistematis tahap summarizing dan inferenting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Matematika > Aljabar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Uus Aprilia
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:27
Last Modified: 20 Jul 2022 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item