NIKMATUL HIDAYAH, 12204183282 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTsN 17 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Aritmatika Sosial di MTsN 17 Jombang” ditulis oleh Nikmatul Hidayah. NIM. 12204183282. Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diakibatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah masih banyak yang didominasi oleh guru. Akibatnya, siswa menganggap pelajaran matematika itu sulit. Sehingga, dipilih model pembelajaran yang membuat siswa aktif diantaranya TAPPS. Model pembelajaran TAPPS adalah model pembelajaran yang mengacu pada permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan penyelesaiannya dilakukan secara berpasangan yaitu sebagai problem solver dan listener. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTsN 17 Jombang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil angket motivasi dan nilai posstest, analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (3) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183282 Nikmatul Hidayah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:41 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27960 |
Actions (login required)
View Item |