PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTsN 17 JOMBANG

NIKMATUL HIDAYAH, 12204183282 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTsN 17 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Aritmatika Sosial di MTsN 17 Jombang” ditulis oleh Nikmatul Hidayah. NIM. 12204183282. Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diakibatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah masih banyak yang didominasi oleh guru. Akibatnya, siswa menganggap pelajaran matematika itu sulit. Sehingga, dipilih model pembelajaran yang membuat siswa aktif diantaranya TAPPS. Model pembelajaran TAPPS adalah model pembelajaran yang mengacu pada permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan penyelesaiannya dilakukan secara berpasangan yaitu sebagai problem solver dan listener. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTsN 17 Jombang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil angket motivasi dan nilai posstest, analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang, (3) Ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 17 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183282 Nikmatul Hidayah
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:41
Last Modified: 20 Jul 2022 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item View Item