RIZKA EKA SAFITRI, RIZKA EKA SAFITRI (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (691kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penekanan dalam implementasi kurikulum 2013 ialah penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai dalam sebuah pembelajaran, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran dan dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada. Penilaian autentik terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Sikap Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN 3 Tulungagung? 2) Bagaimana Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Pengetahuan Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN 3 Tulungagung? 3) Bagaimana Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Keterampilan Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, serta siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penilaian kompetensi sikap meliputi observasi, penilaian sejawat, penilaian diri dan penilaian jurnal. Dalam praktiknya, guru sering menggunakan penilaian observasional dan jurnal, sedangkan penilaian sejawat dan penilaian diri jarang digunakan. 2) Penilaian kompetensi pengetahuan meliputi tes tertulis, tes lisan dan tugas. Pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah dibuat. 3) penilaian kompetensi keahlian meliputi penilaian kinerja, penilaian proyek dan penilaian portofolio. Dalam pelaksanaannya, guru telah menerapkan semua teknik penilaian dan berjalan sesuai rencana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183151 RIZKA EKA SAFITRI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28029 |
Actions (login required)
View Item |