PROFIL BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS JUMPING TASK PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI MTSN 2 BLITAR

NISSA KURNIA SARI, 12204183256 (2022) PROFIL BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS JUMPING TASK PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Nissa Kurnia Sari, 12204183256. 2022. Profil Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbasis Jumping Task pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient di MTsN 2 Blitar. Pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Jumping Task, Adversity Quotient. Berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yang meliputi keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. Untuk melatih kemampuan berpikir kritis maka perlu membiasakan diri berlatih soal-soal seperti soal berbasis jumping task. Soal jumping task merupakan soal dengan level kesulitan diatas kurikulum atau praktik pembelajaran. Dalam memecahkan masalah matematika berbasis jumping task, peserta didik sering menghadapi hambatan. Oleh karena itu peserta didik perlu memiliki daya juang yang disebut sebagai adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berbasis jumping task pada materi lingkaran ditinjau dari adversity quotient tipe climber, camper, dan quitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MTsN 2 Blitar dengan subjek masing-masing 2 peserta didik yang memiliki adversity quotient tipe climber, camper, dan quitter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket adversity response profile, tes pemecahan masalah matematika dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) subjek climber mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis dengan baik yang meliputi interpretsi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. 2) Subjek camper mampu menunjukkan interpretasi, mampu menunjukkan analisis walaupun kurang tepat, mampu menunjukkan evaluasi walaupun kurang teliti dalam melakukan perhitungan, mampu menunjukkan inferensi dan eksplanasi dengan baik, namun tidak menunjukkan regulasi diri. 3) Subjek quitter hanya mampu menunjukkan interpretasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183256 Nissa Kurnia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:05
Last Modified: 21 Jul 2022 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28098

Actions (login required)

View Item View Item