AISYAH IRMA SARI, 12201183121 (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung,” ditulis oleh Aisyah Irma Sari, NIM: 12201183121, dibimbing oleh Muhammad Sulthon Aziz., Lc., M.H. Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa, Aqidah Akhlaq. Pendidikan di era globalisasi mendorong manusia untuk beranjak dari proses hidup ke arah yang berwawasan global. situasi ini banyak bermunculan masalah yang bersifat global. Beberapa masalah tersebut dapat menarik perhatian masyarat luas salah satunya problematika dalam dunia pendidikan. Dalam konteks penelitian ini, yaitu persoalan tentang model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Menganalisa Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (2) Menganalisa Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, (3) Menganalisa Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi, diskusi teman sejawat, keteralihan, dan ketergantungan. Penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah 2 guru aqidah akhlaq dan Kepala sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu tentang prilaku-prilaku yang telah dikuasai siswa diwujudkan dengan kemampuan pada perubahan tingkah laku menjadi lebih baik dan mampu menempatkan diri pada situasi tertentu. 2)Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu melalui pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami bahan kajian masalah dan dapat membangkitkan minat untuk membangkitkan intelektual dan memberi kesempatan siswa belajar secara nyata. 3)Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTS Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu proses belajar sebagai tahapan untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki dan diharapkan semakin berkembang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183121 AISYAH IRMA SARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28248 |
Actions (login required)
View Item |